Yuk Ambil Bagian dalam Proses Sertifikası Halal dengan Menjadi Pendamping PPH

lowongan-ppph

Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang diwaktu pemberlakuannya menuai banyak protes dari berbagai lapisan dan golongan masyarakat, sebenarnya juga memuat pasal tentang halal tepatnya di pasal 48. Pasal ini sebagai penyempurnaan Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dimana dalam Undang-Undang ini yang sangat substansi adalah diaturnya juga mekanisme pengajuan sertifikasi halal berdasarkan pernyataan pelaku usaha (self declare). Proses ini berbeda dengan pengajuan sertifikasi biasa yang mensyaratkan dokumen yang lebih banyak dan juga proses pemeriksaan yang lebih detail, bahkan untuk produk tertentu harus menggunakan alat-alat di laboratorium. Proses ‘self declare’ ini hanya diperuntukkan untuk Pelaku Usaha mikro dan kecil dan hanya untuk produk yang tidak beresiko dan untuk proses produksi yang sederhana dan menggunakan bahan yang sudah dipastikan kehalalannya.

 

Pelaku Usaha dalam membuat pernyataan mandiri (self declare), harus didampingi oleh seorang Pendamping PPH yang bertugas melakukan verifikasi dan validasi pernyataan kehalalan oleh Pelaku Usaha yang meliputi bahan dan proses produk halal (PPH). Kegiatan verifikasi dan validasi ini mencakup kegiatan memeriksa dokumen PPH, meminta skema PPH, dan melakukan verifikasi lapangan. Dengan kata lain, tanpa hasil verifikasi Pendamping PPH maka Pelaku Usaha tidak dapat mengajukan sertifikasi halal dengan self declare.

 

Lantas, siapakah yang dapat menjadi Pendamping PPH? Dan bagaimana cara menjadi Pendamping PPH? Siapapun warga negara Indonesia yang beragama Islam dan memiliki latar belakang pendidikan setidaknya MA/SMA sederajat, memiliki wawasan luas dan memahami syariat mengenai kehalalan produk serta memiliki sertifikat pelatihan pendamping PPH dapat bertugas menjadi Pendamping PPH.

 

Untuk mendapatkan sertifikat pendamping PPH, semua orang yang sesuai dengan kriteria tersebut diatas dapat melakukan pendaftaran di Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal yang telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), diantaranya adalah Lembaga Pendampingan PPH (LP3H) Hidayatullah yang telah terdaftar sejak tanggal 2 Maret 2022. LP3H Hidayatullah dapat melaksanakan pelatihan pendampingan PPH dan mengeluarkan sertifikat bagi peserta pelatihan yang dinyatakan lulus.

 

Pelatihan pendamping PPH akan memerlukan 20 Jam pertemuan dan materi yang akan disampaikan dalam pelatihan pendamping PPH adalah:

  1. Kebijakan Umum dan Regulasi JPH
  2. Ketentuan Syariat Islam terkait JPH
  3. Pendampingan PPH dan Pendamping PPH
  4. Pengetahuan Bahan
  5. Proses Produk Halal
  6. Verfiikasi dan Validasi
  7. Digitalisasi dan Dokumentasi Pendampingan PPH

 

Tertarik menjadi Pendamping PPH?

Silahkan isi form di pph.sentrahalal.id

 

MFT

 

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details