Sosialisasi LPH Hidayatullah di Arena Rakornas Perekonomian Hidayatullah

Sosialisasi LPH

Bidang Perekonomian DPP Hidayatullah baru saja menggelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) dengan tema ‘Membangun Kemandirian Ekonomi Umat dan Organisasi Menuju Terwujudnya Peradaban Islam’. Acara ini berlangsung selama 2 hari (19-20 Maret 2022) di Kampus Utama Hidayatullah Surabaya, dan dihadiri oleh seluruh departemen ekonomi dari seluruh Dewan Pengurus Wilayah, Kampus Induk dan Kampus Utama.

 

Drs. Wahyu Rahman sebagai Ketua Bidang Perekonomian menegaskan bahwa Rakornas ini menjadi ajang konsolidasi mencari terobosan baru yang efektif dalam upaya mewujudkan visi dan misi serta untuk menyepakati rekomendasi, implementasi arah dan sinergi pengembangan dan implementasi program dan terbentuknya jaringan distribusi bisnis di setiap wilayah.

 

Dalam salah satu sesi di Rakornas tersebut, Ketua Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Hidayatullah, Muhammad Faisal Thamrin, mendapatkan kesempatan untuk memberikan informasi perkembangan LPH sebagai lembaga baru di Hidayatullah dan juga untuk mensosialisasikan program-program LPH kepada seluruh peserta Rakornas.

Dengan penuh semangat Ketua LPH Hidayatullah memberikan suatu kabar gembira bahwa insyaAllah dalam waktu dekat LPH Hidayatullah bersama delapan (8) LPH lainnya akan mendapatkan nomor registrasi dan mendapatkan kewenangan untuk melakukan kegiatan pemeriksaan dan/atau pengujian terhadap kehalalan produk atau jasa. Selain itu Faisal juga menjelaskan bahwa untuk menjadi LPH dengan skala nasional, masih diperlukan banyak Auditor Halal yang nantinya bertugas melakukan pemeriksaan kehalalan produk. Auditor Halal ini memilik persyaratan yang salah satunya adalah berpendidikan paling rendah sarjana strata 1 (satu) di bidang pangan, kimia, biokimia, teknik industri, biologi, farmasi, kedokteran, tata boga, atau pertanian.

 

Dalam kesempatan itu Faisal juga menginformasikan bahwa Hidayatullah juga memiliki Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal (LP3H) Hidayatullah yang pada tanggal 2 Maret 2022 terdaftar di Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH) dengan No. Pendaftaran 2203000009. LP3H ini berfungsi untuk memberikan pelatihan Pendamping PPH yang nanti akan mendampingi proses produk halal milik Pelaku Usaha yang akan mengajukan sertifikasi halal melalui mekanisme Pernyataan Mandiri (self declare). Untuk memiliki setidaknya 500 Pendamping PPH, Faisal menghimbau ke seluruh peserta untuk membantu menyebarkan informasi pelatihan Pendamping PPH yang akan segera dilakukan ke wilayah masing-masing.

 

Di akhir pemaparannya, Faisal memohon doa dari seluruh peserta Rakornas agar lembaga baru ini dapat menjalan tugas dan fungsinya dengan baik, karena adanya jaminan produk halal adalah salah satu fokus Hidayatullah yang tertuang dalam Ketetapan Munas Hidayatullah di tahun 2020.

 

MFT

 

 

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details